Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

HPV, Si Virus Penyebab Kutil Kelamin dan Kanker Serviks

Apa itu HPV?

Human papiloma virus
HPV (Human Papiloma Virus) adalah suatu virus yang menjadi penyebab penyakit menular seksual (PMS) paling sering terjadi seperti Kondiloma akuminata (penyakit kutil kemaluan atau jengger ayam) dan Kanker serviks. HPV adalah virus yang berbeda dengan HIV dan HSV (herpes genital). HPV begitu umum sehingga hampir semua orang yang aktif secara seksual mendapatkannya pada suatu saat dalam kehidupan mereka. 

Bagaimana HPV menular? 

Anda bisa mendapatkan HPV karena melakukan hubungan seks melalui vagina, anus, atau mulut dengan seseorang yang memiliki virus tersebut. Virus ini paling sering menular melalui vaginal dan anal seks. HVP tetap dapat menular meskipun orang yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda atau gejala. Siapa pun yang aktif secara seksual bisa mendapatkan HPV, bahkan jika Anda pernah berhubungan seks hanya dengan satu orang. Anda juga bisa mengalami gejala bertahun-tahun setelah berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Hal ini membuat sulit untuk mengetahui kapan Anda pertama kali terinfeksi. 

Apakah HPV menyebabkan masalah kesehatan? 

Kondiloma akuminata Pada kebanyakan kasus, HPV hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tapi saat HPV tidak hilang, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin dan kanker. Kutil kelamin biasanya muncul sebagai benjolan kecil atau benjolan berkelompok di daerah genital. Kutil tersebut bisa berukuran kecil atau besar, meninggi atau rata, bahkan bisa berbentuk seperti kembang kol. 

Apakah HPV menyebabkan kanker? 

HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan jenis kanker lainnya seperti kanker vulva, vagina, penis, atau anus. Selain itu, HPV juga dapat menyebabkan kanker di bagian belakang tenggorokan, termasuk dasar lidah dan amandel (disebut kanker oropharyngeal). Kanker serviks Perkembangannya menjadi kanker sering membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, setelah seseorang terkena HPV. Jenis HPV yang bisa menyebabkan kutil kelamin tidak sama dengan jenis HPV yang bisa menyebabkan kanker. Biasanya HPV tipe 6 dan 11 adalah penyebab kutil kelamin sedangkan kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. beberapa tipe HPV Tidak ada cara untuk mengetahui orang-orang yang terkena HPV akan terkena kanker atau masalah kesehatan lainnya. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah (termasuk orang dengan HIV / AIDS) lebih cenderung mengalami masalah kesehatan karena HPV sebab sistem kekebalan tubuhnnya tidak mampu melawan HPV. 

Bagaimana saya bisa menghindari HPV dan masalah kesehatan yang bisa ditimbulkannya?

 1. Vaksinasi
Vaksin HPV aman dan efektif. Hal ini dapat mencegah anda dari terinveksi HPV baik HPV yang menyebabkan kanker serviks maupun kutil kelamin. 

2. Skrining 
Lakukan skrining untuk kanker serviks. Skrining rutin untuk wanita usia 21 sampai 65 tahun dapat mencegah kanker serviks. Ada tes HPV yang bisa Tes ini hanya direkomendasikan untuk skrining pada wanita berusia 30 tahun ke atas. 

3. Gunakan kondom 
Jika Anda aktif secara seksual, gunakan kondom dengan cara yang benar setiap kali berhubungan seks. Hal ini dapat menurunkan kemungkinan resiko trinfeksi HPV , walaupun demikian HPV masih dapat menginfeksi daerah yang tidak terjangkau oleh kondom, jadi kondom mungkin tidak sepenuhnya melindungi HPV. 

4. Hubungan seks monogami 
Berada dalam hubungan yang saling monogami atau berhubungan seks hanya dengan seseorang yang hanya berhubungan seks dengan anda saja merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah diri anda terinfeksi HPV. 

Kapan orang-orang menyadari mereka terinfeksi HPV? 

Kebanyakan orang dengan HPV tidak sadar bahwa mereka telah terinfeksi dan tidak pernah mengalami gejala atau masalah kesehatan. Beberapa orang mengetahui bahwa mereka memiliki HPV karena mereka menderita kutil kelamin. Sementara itu, wanita mungkin mengetahui bahwa mereka memiliki HPV saat mereka mendapatkan hasil tes Papsmear abnormal (selama skrining kanker serviks). Orang lain mungkin hanya mengetahui setelah mereka mengalami masalah serius dari HPV, seperti kanker serviks dan jenis kanker lainnya yang disebabkan oleh HPV.

0 comments:

Post a Comment

commentnya disini!